Analisis Sentimen Kepuasan Pengguna E-Learning Menguunakan Metode Improved K-Nearest Neighbor

  • Kode Repository : SK139/BAY/2020
  • NPM : 065116299
  • Nama : Bayu Junis Pribadi
  • Pembimbing 1 : -Dr. Andi Chairunnas,S.Kom.,M.Pd., M.Kom
  • Pembimbing 2 : -Boldson H.S, S.Kom. MMSI
  • Abstrak : -ANALISIS SENTIMEN KEPUASAN PENGGUNA E-LEARING MENGGUNAKAN METODE IMPROVED K-NEAREST NEGHBOR Bayu Junis Pribadi1), Andi Chairunnas2) , Boldson Herdianto3) Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia Email : bayupribadi37@gmail.com Abstrak Belakangan ini penggunaan e-learning sedang masif dilakukan di dunia Pendidikan.salah satu aplikasi e-learning yang sedang banyak digunakan saat ini yaitu adalah Google Classroom, Namun seiring dari banyaknya pengguna sistem e-learning ini banyak yang merasa tidak puas dengan sistem yg ada. Berdasarkan kebutuhan akan informasi sentimen pengguna aplikasi E-learning Google Classroom, maka penelitian ini akan melakukan analisis sentimen kepuasan pengguna pengguna aplikasi E-learning Google Classroom dengan metode klasifikasi Improved K-Nearest Neighbor. Hasil dari analisis sentiment ini di klasifikasikan dalam 2 kelas yaitu positif dan negatif. Dari hasil yang didapat diilakukan pengujian dengan nilai k masukan yang berbeda beda menghasilkan nilai presentase akurasi yang berbeda beda, untuk k=2 sebesar 74%, untuk k=5 sebesar 79%, untuk k=10 sebesar 83%, untuk k=15 sebesar 83%, untuk k=20 sebesar 84%,dengan akurasi tertinggi dengan nilai k=20. Dari hasil pengujian dapat dilihat bahwa nilai k yang digunakan berpengaruh terhadap baik atau tidaknya proses pengklasifikasian. Kata kunci: Text Mining, Analisis Sentimen, Improved K-Nearest Neighbor, E-learning
  • Program Studi : Ilmu Komputer