Aplikasi Pengenalan Alt-Alat Permainan Tradisional Indonesia Berbasis Augmented Reality Dengan Teknik Masker

  • Kode Repository : SKI132/FAR/19
  • NPM : 065114110
  • Nama : Farhan Aldi Tama
  • Pembimbing 1 : -Dr. Tjut Awaliyah Zuraiyah, M.Kom.
  • Pembimbing 2 : -Adriana Sari Aryani, M.Cs
  • Abstrak : -APLIKASI PENGENALAN ALAT-ALAT PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN TEKNIK MARKER Farhan Aldi Tama Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Farhanalditama@gmail.com ABSTRAK Seiring dengan berjalan nya waktu terutama pada hal pemanfaatan teknologi, mengakibatkan banyak manusia yang memanfaatkannya namun dampak negatifnya pada kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Akan tetapi kurangnya suatu media menarik yang dapat memberikan informasi tentang alat permainan tradisional di Indonesia ini membuat para masyarakat pribumi khususnya anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah jaman sekarang kesulitan untuk menggali informasi dan memahami tentang segala alat-alat permainan tradisional yang ada di Indonesia khususnya gasing, bola bekel, congklak, enggrang, kelereng, layang-layang, pletokan, ketapel, dan penyampaian informasi yang biasanya digunakan untuk media informasi seperti ini umumnya dilakukan menggunakan media cetak dua dimensi, yang menyebabkan penyampaian informasi menjadi tidak menarik dan terkesan monoton. Kata Kunci : Augmented Reality, Permainan Tradisional ,Pengenalan Sisten, Teknik Marker, Blender, Unity.
  • Program Studi : Ilmu Komputer