Penentuan metode pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa menggunakan metode forward chaining

  • Kode Repository : SKI101/MUH/19
  • NPM : 065115413
  • Nama : Muhammad zaki sahil mubarak
  • Pembimbing 1 : -Dr. Sri Setyaningsih,Dra.,M.Si.
  • Pembimbing 2 : -Boldson H.S, S.Kom. MMSI
  • Abstrak : -Komputasi Vol. __. No __ bulan tahun I SSN 16XX-XXXX Received Month Date, Years; Revised Month date, Years; Accepted Month date, Years Penentuan Metode Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Menggunakan Metode Forward Chaining Muhammad Zaki Sahil Mubarok1), Sri Setyaningsih2), Boldson Herdianto Situmorang3) 1, 2 & 3)Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan Bogor 1)zaki.mubarok230696@gmail.com, 2)sri_setya@unpak.ac.id, 3)boldson.situmorang@unpak.ac.id Abstract Penentuan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa akan menentukan hasil pembelajaran yang diperoleh. Jika metode pembelajaran yang diberikan oleh pendidik salah atau tidak sesuai maka dapat mempengaruhi hasil pembelajaran siswa. Ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam pemilihan metode pembelajaran diantara lain dengan melihat gaya belajar masing – masing siswa. Gaya belajar setiap siswa memiliki model yang berbeda – beda. Ada yang suka belajar sambil mendengar musik, ada juga yang lebih suka dengan suasana tenang. Ada yang menyukai belajar dari praktik, ada juga yang lebih menyukai belajar cukup dari buku saja. Dengan referensi belajar yang berbeda ini, maka dari itu setiap siswa memiliki cara belajar efektif yang berbeda untuk satu sama lain. Untuk memudahkan proses belajar, sebagai pendidik harus mengetahui terlebih dahulu gaya belajar yang sesuai dengan peserta didik. Dengan demikian dapat membantu siswa dalam melaksanakan cara belajar yang tepat. Pada penelitian ini peneliti melakukan observasi di SMK Nusantara Bogor terkait gaya belajar, observasi dilakukan pada guru dan siswa di sekolah tersebut dan diperoleh data hasil observasi pada siswa yaitu siswa belum mengetahui gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, gaya belajar yang mereka ketahui selama ini yaitu membaca, menulis, atau menghafal. Sedangkan hasil observasi pasa guru, guru belum mengetahui satu persatu gaya belajar dari peserta didik di setiap kelas yang ada, karena untuk mengetahui gaya belajar seluruh siswa di setiap kelas tentu diperlukan proses dan cukup waktu yang lebih, dengan demikian permasalahan yang berjalan dalam menganalisa gaya belajar dan menentukan metode pembelajaran yang cocok ialah waktu yang cukup lama dalam melakukan analisa, sehingga diperlukan alat bantu yang cepat dengan bantuan teknologi informasi sistem pendukung keputusan gaya belajar. Dengan sistem ini dapat memberikan strategi metode pembelajaran untuk guru. Metode inferensi yang digunakan yaitu metode forward chaining. Keyword : Sistem Informasi, Metode Pembelajaran, Gaya Belajar, Forward Chaining
  • Program Studi : Ilmu Komputer