Penentuan metode pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa menggunakan metode forward chaining
Kode Repository :SKI101/MUH/19
NPM :065115413
Nama :Muhammad zaki sahil mubarak
Pembimbing 1 :-Dr. Sri Setyaningsih,Dra.,M.Si.
Pembimbing 2 :-Boldson H.S, S.Kom. MMSI
Abstrak :-Komputasi Vol. __. No __ bulan tahun
I SSN 16XX-XXXX
Received Month Date, Years; Revised Month date, Years; Accepted Month date, Years
Penentuan Metode Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa
Menggunakan Metode Forward Chaining
Muhammad Zaki Sahil Mubarok1), Sri Setyaningsih2), Boldson Herdianto Situmorang3)
1, 2 & 3)Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan Bogor
1)zaki.mubarok230696@gmail.com, 2)sri_setya@unpak.ac.id, 3)boldson.situmorang@unpak.ac.id
Abstract
Penentuan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa akan menentukan hasil pembelajaran yang
diperoleh. Jika metode pembelajaran yang diberikan oleh pendidik salah atau tidak sesuai maka dapat mempengaruhi
hasil pembelajaran siswa. Ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam pemilihan metode pembelajaran
diantara lain dengan melihat gaya belajar masing – masing siswa. Gaya belajar setiap siswa memiliki model yang
berbeda – beda. Ada yang suka belajar sambil mendengar musik, ada juga yang lebih suka dengan suasana tenang.
Ada yang menyukai belajar dari praktik, ada juga yang lebih menyukai belajar cukup dari buku saja. Dengan referensi
belajar yang berbeda ini, maka dari itu setiap siswa memiliki cara belajar efektif yang berbeda untuk satu sama lain.
Untuk memudahkan proses belajar, sebagai pendidik harus mengetahui terlebih dahulu gaya belajar yang sesuai
dengan peserta didik. Dengan demikian dapat membantu siswa dalam melaksanakan cara belajar yang tepat. Pada
penelitian ini peneliti melakukan observasi di SMK Nusantara Bogor terkait gaya belajar, observasi dilakukan pada guru
dan siswa di sekolah tersebut dan diperoleh data hasil observasi pada siswa yaitu siswa belum mengetahui gaya belajar
visual, auditori, dan kinestetik, gaya belajar yang mereka ketahui selama ini yaitu membaca, menulis, atau menghafal.
Sedangkan hasil observasi pasa guru, guru belum mengetahui satu persatu gaya belajar dari peserta didik di setiap
kelas yang ada, karena untuk mengetahui gaya belajar seluruh siswa di setiap kelas tentu diperlukan proses dan cukup
waktu yang lebih, dengan demikian permasalahan yang berjalan dalam menganalisa gaya belajar dan menentukan
metode pembelajaran yang cocok ialah waktu yang cukup lama dalam melakukan analisa, sehingga diperlukan alat
bantu yang cepat dengan bantuan teknologi informasi sistem pendukung keputusan gaya belajar. Dengan sistem ini
dapat memberikan strategi metode pembelajaran untuk guru. Metode inferensi yang digunakan yaitu metode forward
chaining.
Keyword : Sistem Informasi, Metode Pembelajaran, Gaya Belajar, Forward Chaining