Social Network Analysius untuk Mengukur Efektivitas Tagar #Ayo Pakai Masker pada media Sosial Twitter
Kode Repository :SKI54/MUH/21
NPM :065117149
Nama :Muhamad Fikri
Pembimbing 1 :-Dr. Herfina, M.Pd., M.Kom.
Pembimbing 2 :-Adriana Sari Aryani, M.Cs
Abstrak :-Social Network Analysis untuk Mengukur
Efektivitas Tagar #AyoPakaiMasker pada
Media Sosial Twitter
Herfina1, Adriana Sari Aryani2, Muhamad Fikri3
1,2,3Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia
Jalan Pakuan Po. Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia
Corresponding Author: asep.denih@unpak.ac.id
Abstrak
Penelitian ini melakukan analisis terhadap efektivitias penyebaran kampanye tagar
#AyoPakaiMasker pada media sosial twitter dengan menggunakan metode Social Network Analysis.
Metode penilitian penelitian memiliki tahapan Crawling data tweet, text preprocessing, term
weighting, wordcloud, lalu analisis dan visualisasi menggunakan social network analysis. Tujuan
penelitian ini adalah Social Network Analysis Untuk Mengukur Efektivitas Tagar #AyoPakaiMasker
Pada Media Sosial twitter dan melihat bagaimana penyebaran kampanye ini dapat menjangkau
masyarakat. Hasil crawling pada rentang waktu Maret 2020 sampai dengan Juni 2021 berjumlah
8616 tweet. Hasil analisis yang didapatkan adalah pada kampanye tagar #AyoPakaiMasker kata
kunci yang sering dibicarakan adalah terkait “giat”, “masker”, “polres”, “polsek”. jaringan sosial
kampanye #AyoPakaiMasker memiliki tiperelasi One Mode Vs Two Mode, relasi berarah (directed)
dan relasi asimetris serta memiliki pola komunikasi roda karena adanya aktor pusat yang
menyebarkan informasi. Pada jaringan sosial kampanye #AyoPakaiMasker memiliki nilai
modularity sebesar 0.822 dan memiliki nilai graph density sebesar 0.2%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa kualitas jaringan sosial yang terbentuk memiliki kualitas yang kurang baik dan
memiliki aliran informasi yang relatif lambat.
Kata Kunci: Text Mining, Gephi, Social Network Analysis, COVID19, Kampanye
#AyoPakaiMasker