Social Network Analysius untuk Mengukur Efektivitas Tagar #Ayo Pakai Masker pada media Sosial Twitter

  • Kode Repository : SKI54/MUH/21
  • NPM : 065117149
  • Nama : Muhamad Fikri
  • Pembimbing 1 : -Dr. Herfina, M.Pd., M.Kom.
  • Pembimbing 2 : -Adriana Sari Aryani, M.Cs
  • Abstrak : -Social Network Analysis untuk Mengukur Efektivitas Tagar #AyoPakaiMasker pada Media Sosial Twitter Herfina1, Adriana Sari Aryani2, Muhamad Fikri3 1,2,3Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia Jalan Pakuan Po. Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia Corresponding Author: asep.denih@unpak.ac.id Abstrak Penelitian ini melakukan analisis terhadap efektivitias penyebaran kampanye tagar #AyoPakaiMasker pada media sosial twitter dengan menggunakan metode Social Network Analysis. Metode penilitian penelitian memiliki tahapan Crawling data tweet, text preprocessing, term weighting, wordcloud, lalu analisis dan visualisasi menggunakan social network analysis. Tujuan penelitian ini adalah Social Network Analysis Untuk Mengukur Efektivitas Tagar #AyoPakaiMasker Pada Media Sosial twitter dan melihat bagaimana penyebaran kampanye ini dapat menjangkau masyarakat. Hasil crawling pada rentang waktu Maret 2020 sampai dengan Juni 2021 berjumlah 8616 tweet. Hasil analisis yang didapatkan adalah pada kampanye tagar #AyoPakaiMasker kata kunci yang sering dibicarakan adalah terkait “giat”, “masker”, “polres”, “polsek”. jaringan sosial kampanye #AyoPakaiMasker memiliki tiperelasi One Mode Vs Two Mode, relasi berarah (directed) dan relasi asimetris serta memiliki pola komunikasi roda karena adanya aktor pusat yang menyebarkan informasi. Pada jaringan sosial kampanye #AyoPakaiMasker memiliki nilai modularity sebesar 0.822 dan memiliki nilai graph density sebesar 0.2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas jaringan sosial yang terbentuk memiliki kualitas yang kurang baik dan memiliki aliran informasi yang relatif lambat. Kata Kunci: Text Mining, Gephi, Social Network Analysis, COVID19, Kampanye #AyoPakaiMasker
  • Program Studi : Ilmu Komputer