Penerapan Algoritma K-Means Pada Clustering Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Darat Udara Dan Laut
Kode Repository :SKI46/ANG/19
NPM :065115088
Nama :Angga Helambang
Pembimbing 1 :-Arie Qur'ania M.Kom
Pembimbing 2 :-Dian Kartika Utami,S.Kom., M.Kom
Abstrak :-PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS PADA CLUSTERING TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS DARAT UDARA DAN LAUT
Angga Herlambang1, Arie Qur’ania2, Dian Kartika Utami3
Email : herlambang.angga.21@gmail.com
Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan
ABSTRAK
Faktor yang menyebabkan kematian cukup besar terjadi pada kecelakaan lalu lintas. Menganalisis suatu permasalahan dibutuhkan metode yang menghasilkan data yang lebih spesifik. Dengan menggunakan Algoritma K-Means Clustering sangat menunjang efisiensi. Proses pengumpulan data menghimpun dari situs web resmi KNKT Departemen Perhubungan untuk data kecelakaan lalu lintas darat udara dan laut pada tahun 2014 sampai 2018. Dengan menentukan cluster 3 centroid saja dan melakukan uji coba untuk 4 centroid, 5 centroid dan 6 centroid dan setiap memiliki centroid memiliki tingkat akurasi berbeda – beda dan tingkat akurasi tertinggi ada pada 6 centroid. Memaksimalkan jarak intercluster antara satu cluster dengan yang lainnya dan untuk mendapatkan hasil pencarian yang akurat menggunakan Indeks Davies-Bouldin (IDB). Dari hasil perhitungan nilai akurasi dari masing-masing nilai didapatkan rata-rata nilai akurasi kecocokan nilai sebenarnya yaitu 59%.
Kata kunci : Algoritma K-Means, Clustering, Indeks Davies-Bouldin, kecelakaan lalu lintas