Implementasi Meetode Fisher Yates Dalam Pemilihan Lapak Lomba Mancing Galatama Berbasis Web

  • Kode Repository : SKI /FAR/17
  • NPM : 065110374
  • Nama : Farhan Rinaldi Gunawan
  • Pembimbing 1 : -Prihastuti Harsani, M.Si
  • Pembimbing 2 : -Arie Qur'ania., M.Kom.
  • Abstrak : -Abstrak Teknologi Komunikasi dan Informasi pada saat ini telah dikembangkan dalam semua kegiatan kehidupan manusia baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak, dalam sebuah perlombaan memancing di kolam pemancingan, peserta akan dipilihkan sebuah nomor lapak yang dijadikan tempat memancing pada satu sesi waktu. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi Implementasi Metode Fisher Yates Dalam Pemilihan Lapak Lomba Mancing Galatama Berbasis Web. Metode pengembangan sistem informasi pada penelitian ini adalah menggunakan model SDLC (Software Development Life Cycle) yang terdiri atas tahap-tahap: perencanaan (planning), analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance). Hasil dari penelitian ini, sistem aplikasi dapat menerima input berupa data pelaksanaan lomba dan output pemilihan lapak yang telah diacak menggunakan metode Fisher Yates dengan menampilkan data lapak yang tidak bias, dari hasil pengacakan peserta 80 orang, hanya terdapat 1 (satu) orang yang menduduki lokasi lapak yang sama pada tahap pengacakan sesi kedua lomba, dengan waktu rata-rata 2,11 detik untuk 1 kali pengacakan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Fisher Yates yang diterapkan pada sistem aplikasi lomba memancing mempermudah dalam pengelolaan peserta secara efisiensi waktu dibandingkan dengan cara konvensional. Kata kunci: fisher yates; pemilihan lapak; memancing; pengacakan Abstract Communication and Information Technology has now been developed in all human life activities both in terms of hardware and software, in fishing competitions in fishing ponds, participants will choose a stall number to be used as a place to fish in one time session. The purpose of this study is to make a web-based application of the Fisher Yates Method Implementation in the Selection Stalls of Galatama Fishing Contest. The information system development method in this study is to use the SDLC (Software Development Life Cycle) model which consists of the stages: planning, analysis, design, implementation, testing and testing. management (maintenance). The results of this study, the application system can receive input in the form of data on the implementation of the competition and the output of randomized booth selection using the Fisher Yates method by displaying unbiased stall data, from the randomization of 80 participants, only 1 (one) person occupies the same stalls in the randomization stage of the second session of the competition, with an average time of 2.11 seconds for 1 randomization. The conclusion that the use of the Fisher Yates method applied to the fishing competition application system makes it easier to organize participants in a time-saving manner compared to conventional methods. Keywords: fisher yates; stalls selection; fishing; randomize. I. Pendahuluan Teknologi Komunikasi dan Informasi pada saat ini telah dikembangkan dalam semua kegiatan kehidupan manusia baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Pada kegiatan pekerjaan atau bisnis, teknologi informasi memiliki peran dalam efektifitas dan efisiensi dari segi waktu dan biaya, selain itu teknologi informasi dapat diterapkan dalam kegiatan hobi. Setelah terlepas dari kegiatan harian dalam pekerjaan, terdapat beberapa orang yang memilih untuk melakukan aktifitas hobi-nya masing-masing.
  • Program Studi : Ilmu Komputer