Aplikasi Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Taman Kanak-Kanak Menggunakan Finite State Machine Berbasis Android

  • Kode Repository : SKI09/AUL/22
  • NPM : 065118087
  • Nama : Aulia Awaluddin Ikhsan
  • Pembimbing 1 : -Prof. Dr. Sri Setyaingsih, M.Si
  • Pembimbing 2 : -Sufiatul Maryana., M.Kom.
  • Abstrak : -ABSTRAK Metode Pembelajaran yang digunakan hingga saat ini masih menerapkan metode pembelajaran yang bersifat konvesional. Proses pembelajaran menggunakan metode konvesional ini dapat menimbulkan siswa menjadi cepat bosan dan jenuh terhadap proses pembelajaran, lalu siswa pada jaman ini sudah mengenal yang namanya smartphone, terlebih lagi siswa lebih ingin bermain dengan smartphonenya di bandingkan memerhatikan guru, tidak hanya itu siswa juga susah di atur dalam penggunaan smartphonenya, lalu dalam penggunaan smartphonenya ini siswa hanya menonton video dan bermain game yang tidak ada unsur mendidik dalam media pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat software berupa game edukasi quiz dengan menerapkan metode finite state machine didalamnya, sehingga menghasilkan sebuah game edukasi quiz yang dapat membantu dan menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran pada anak TK periskatani. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti tahapan dari metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Berdasarkan hasil pengujian black box testing dan beta testing yang telah dilakukan bahwa game edukasi quiz yang berjudul gamtazle ini dapat digunakan dengan baik dan tidak ada kendala, serta game edukasi quiz ini mendapatkan hasil kuisioner dari anak TK periskatani sebesar 86% dengan nilai kategori sangat setuju dan 83% dari hasil kuisioner guru TK periskatani dengan nilai kategori setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menerapkan metode finite state machine pada game edukasi quiz yang berjudul gamtazle ini efektif untuk meningkatkan pembelajaran dan dapat membantu permasalah yang ada pada TK periskatani. Kata Kunci : Game Edukasi, Finite State Machine, Pembelajaran
  • Program Studi : Ilmu Komputer