IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENYEWAAN BUS PARIWISATA AGAM TUNGGA JAYA

  • Kode Repository : SKI71/ALF/22
  • NPM : 065118327
  • Nama : Alfreza Arezanto Irawan Putra
  • Pembimbing 1 : Dr. Herfina, S.Kom., M.Pd., M.Kom.
  • Pembimbing 2 : Halimah Tus Sa'diah, M.Kom.
  • Abstrak : IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENYEWAAN BUS PARIWISATA AGAM TUNGGA JAYA Alfreza Arezanto Irawan Putra Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan Jl. Pakuan, Tegalega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16143 alfreza065118327@unpak.ac.id Abstrak Media promosi adalah salah satu komponen penting untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen. Khususnya pada jasa penyewaan bus pariwisata, yang dimana diharapkan pihak jasa penyewaan bus pariwisata dapat memberikan informasi yang akurat terkait apa yang ditawarkan kepada konsumennya. Penggunaan brosur yang hanya tertulis atau hanya tergambarkan secara 2D saja sebagai media promosi saat ini dirasa masih kurang. Hal ini membuat konsumen kurang memahami secara detail fasilitas yang tersedia. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknologi Augmented Reality. Dalam penelitian ini, ada beberapa manfaat dan fitur yang dihadirkan, seperti: memberikan layanan informasi secara visual kepada konsumen seperti apa fasilitas yang terdapat pada setiap kelasnya, memberikan layanan informasi secara visual berupa objek 3D kepada konsumen seperti apa armada bus yang digunakan, untuk dapat meningkatkan mobilitas jumlah konsumen melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality, dan untuk meminimalisir konsumen terkena calo atau oknum tidak bertanggung jawab. Aplikasi ini juga telah diuji dengan pengujian structural, fungsional, respon time loading, uji marker, dan uji usability. Untuk hasil uji coba usability menggunakan System Usabilty Scale (SUS) dari 30 responden adalah 78. Berdasarkan analisis, dapat diketahui bahwa penilaian responden 78 poin bermakna predikat “Excellent” dan peringkatnya adalah B. Kata kunci: Bis, Augmented Reality, System Usability Scale, Marker, Unity3D
  • Program Studi : Ilmu Komputer