Game Edukasi Berbasis Role Playing Game (RPG) Untuk Pengenalan Motif Batik Kabupaten Bogor

  • Kode Repository : SKI127/MAN/19
  • NPM : 065115099
  • Nama : Mansyur Hidayat
  • Pembimbing 1 : -Eneng Tita Tosida, S.Tp, M.Si, M.Kom
  • Pembimbing 2 : -Mulyati, M.Kom.
  • Abstrak : -GAME EDUKASI BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK PENGENALAN MOTIF BATIK KABUPATEN BOGOR Mansyur Hidayat, Eneng Tita Tosida, M.Si, Mulyati, S.Si, M.Kom Email : mansyurhidayat30@gmail.com Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan Abstrak Batik adalah Budaya Asli Indonesia yang saat menjadi busana khas dari negara Indonesia. Batik tidak hanya sekedar kain tradisional dengan beragam corak. Akan tetapi batik juga mengandung sejarah dan nilai–nilai tradisi dari bangsa Indonesia yang sangat berharga. Batik Bogor sudah dikembangkan sejak tahun 2008 silam.. Di Kabupaten Bogor sendiri pengenalan mengenai batik masih terbatas. Galeri Batik Dayatri milik Pak Darmien yang memproduksi motif batik Kabupaten Bogor memiliki keterbatasan dalam memperkenalkan motif batiknya. Media promosi dan pengenalan sangat diperlukan untuk menambah minat masyarakat akan kearifan lokal, sehingga masyarakat ini paham akan filosofi dan maksud dari setiap motif yang diciptakan. Perancangan game edukasi untuk pengenalan motif batik Kabupaten Bogor di rancang dengan menggunakan konsep berbasis Role Playing Game (RPG). Konsep RPG dipilih karena cocok untuk menceritakan sebuah motif batik Kabupaten yang ada di Galeri Batik Dayatri dengan tujuan untuk menambah minat masyarakat umum khususnya masyarakat Kabupaten Bogor agar lebih mengenal batik khas Kabupaten Bogor yang ada pada daerahnya. RPG Maker MV adalah software yang dipilih untuk pembuatan Game Edukasi Untuk Pengenalan Motif Batik Kabupaten Bogor ini. Adobe Photoshop CS 6, Adobe Ilsutrator CS 6 dan Piskel digunakan untuk pembuatan segala macam asset 2D yang dibutuhkan seperti karakter utama, karakter pendukung, map, serta animasi. Metode pengembangan perangkat lunak multimedia terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design,material collecting, assembly, testing, dan distribution. Metode pembuatan map yang dipakai adalah parallax mapping dimana dengan metode parallax mapping ini lebih bebas dan tidak terpaku dalam pembuatan map yang disesuaikan dengan filosofi berbagai motif batik yang ada. Dibuatnya aplikasi game edukasi ini diharapkan bisa membantu untuk mempromosikan dan mengenalkan motif batik Kabupaten Bogor sebagai media alternatif belajar. Kata Kunci : Game Edukasi, Role Playing Game, Batik Kabupaten Bogor
  • Program Studi : Ilmu Komputer