ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KEDAI KOPI JANJI JIWA DI KALANGAN MAHASISWA
Kode Repository :SKM12/VIR/22
NPM :064116022
Nama :Virgy Elmariza
Pembimbing 1 :Yasmin Erika Faridhan, M.Si
Pembimbing 2 :Drs. Amar Sumarsa, M.Pd
Abstrak :-Virgy Elmariza, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan
Pembelian Produk Kedai Kopi Janji Jiwa di Kalangan Mahasiswa. Dibimbing
oleh YASMIN ERIKA FARIDHAN dan AMAR SUMARSA.
Budaya bagi sebagian besar masyarakat, termasuk mahasiswa pada saat ini yaitu
mengonsumsi kopi. Dengan adanya tren ini, peluang usaha kedai kopi di sekitar
kampus menjadi investasi yang cukup bagus. Selain itu, pandemi COVID-19 yang
menerpa membuat para pemilik kedai kopi harus mempunyai strategi lebih agar
tidak berdampak buruk pada usahanya. Sebelumnya telah dilakukan pre-survey
terhadap beberapa kedai kopi yang tersebar di wilayah Kota Bogor, dan
didapatkan hasil bahwa Kedai Kopi Janji Jiwa merupakan kedai kopi yang paling
sering dikunjungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen
melalui pengaruh kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan
pembelian dan distribusi Kedai Kopi Janji Jiwa. Metode yang digunakan adalah
analisis jalur (path analysis). Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan
dari hasil kuesioner dengan responden yang merupakan konsumen kedai kopi
Janji Jiwa. Berdasarkan analisis jalur yang diterapkan dalam penelitian ini
didapatkan nilai pengaruh paling tinggi berada di peubah promosi dan harga
terhadap distribusi, serta peubah promosi terhadap keputusan pembelian. Faktorfaktor yang diketahui berpengaruh tinggi akan berdampak pada keputusan
pembelian konsumen, sehingga target pasar dapat dicapai.
Kata Kunci: kopi, mahasiswa, keputusan pembelian, analisis jalur,