Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Matematika Berbasis Multimedia 3 Dimensi (Studi Kasus: Sekolah Dasar Kelas 5)

  • Kode Repository : SKI03/SUD/20
  • NPM : 065114165
  • Nama : Sudirja
  • Pembimbing 1 : -Dr. Sri Setyaningsih,Dra.,M.Si.
  • Pembimbing 2 : -Lita Karlitasari S.Kom., MMSI
  • Abstrak : -APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA 3 DIMENSI Sudirja1, Sri Setyaningsih2, Lita Karlitasari3 1,2,3Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan Kota Bogor Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat, Indonesia. Tlp. (0251) 8312206 Email : 065114165.sudirja@unpak.ac.id1, sri.setyaningsih@unpak.ac.id2, lita.karlitasari@unpak.ac.id3 Abstrak Pelajaran matematika merupakan materi pelajaran bagi siswa di sekolah dasar kelas 5 merupakan materi yang memiliki banyak rumus serta hitungan-hitungan yang harus di pahami oleh siswa/siswi sekolah dasar. Pembelajaran jenis bangun ruang adalah Balok, Kubus, Prisma, Limas, Kerucut, Bola dan Tabung. Bangun Ruang merupakan bangun matematika yang memiliki isi atau volume. Bangun ruang dalam matematika dibagi mejadi beberapa bangun ruang yakni sisi, rusuk dan titik sudut. Pembuatan materi-materi tersebut dikemas dengan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia 3 dimensi. aplikasi pembelajara ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) penelitian pengembangan multimedia berdasarkan 6(enam) tahap, yaitu konsep, design, pengumpulan bahan, pembuatan, percobaan, dan distribusi, Dalam perancangan dan pengembangannya bahasa pemrograman atau software yang digunakan bahasa pemrograman C#, Unity dan Blender. Hasil pembalajaran bangun ruang matematika berbasis multimedia 3 dimensi ini aplikasinya ada fitur materi bangun ruang, kuis, bantuan dan tentang aplikasi. Dalam menu materi bangun ruang selain menampilkan objek 3d saja tetapi dapat menampilkan sebuah informasi tentang berupa teks, gambar dan animasi. Setiap sub menu berisi materi berupa kubus, balok, limas, tabung, prisma, kerucut dan bola. Untuk tampilan 3 dimensi pada materi bangun ruang di klik nanti akan muncul tampilan objek 3 dimensi seperti kubus, sudut kubus, rusuk kubus, sisi kubus dan jaring kubus. Dalam menu kuis terdapat kuis yaitu kuis pilihan ganda, untuk kuis akan menampilkan dengan 30 soal dari 150 soal yang disediakan, soal dipilih secara acak yang akan di tampilkan dan setelah semua soal di isi akan muncul poin hasil penilaian. Kata kunci : Pembelajaran, Multimedia, 3 dimensi, Bangun ruang,
  • Program Studi : Ilmu Komputer