Penerapan game theory dalam strategi persaingan gojek dan grab

  • Kode Repository : SKM07/ERR/20
  • NPM : 064115045
  • Nama : Falih errahman
  • Pembimbing 1 : -Dr. Sri Setyaningsih, M.Si.
  • Pembimbing 2 : -Drs. Amar Sumarsa, M.Pd
  • Abstrak : -PENERAPAN GAME THEORY DALAM STRATEGI PERSAINGAN GOJEK DAN GRAB Falih Errahman1, Sri Setyaninghsih2, Amar Sumarsa3 Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor ABSTRAK Dalam menjalankan bisnis tidak terlepas dari persaingan bisnis, yaitu sebuah kompetisi antara penjual yang sama-sama berusaha untuk mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan penjualan yang tinggi. Sebuah perusahaan pasti menginginkan agar produk yang diusungnya menjadi pemenang dalam persaingan bisnis. Hal ini tentu sangat penting, selain karena bertujuan untuk mendaptakan keuntungan juga pangsa pasar yang sangat strategis untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar. Persaingan bisnis biasanya terjadi pada dua atau lebih perusahaan dalam bidang yang sama. Salah satu bidang bisnis yang berkembang di tengah-tengah masyarakat adalah transportasi online. Terdapat beberapa perusahaan penyedia transportasi online di Indonesia beberapa diantaranya adalah Gojek dan Grab. Untuk mampu bersaing, maka masing-masing perusahaan baik Gojek maupun Grab harus menggunakan strategi optimal untuk bisa memenangkan persaingan dari kompetitornya. Oleh karena itu, untuk menciptakan strategi yang optimal diantara keduanya sudah menjadi keharusan para pengusaha untuk memikirkan strategi kompetisi yang tepat untuk bisnisnya sehingga memenuhi sasaran yang efektif, maka persepsi dan preferensi konsumen sangat penting. Keunggulan maupun kekurangan dari setiap jasa transportasi online akan menjadi sebuah pertimbangan, baik itu dari segi kepraktisan, keamanan, biaya, service yang memuaskan, ketersediaan layanan dan lain sebagainya. Setelah menggunakan jasa transportasi online, maka konsumen dapat menilai apakah jasa tersebut seperti yang konsumen harapkan atau tidak. Dengan adanya persepsi dan preferensi tersebut maka salah satu cara menganalisanya dapat menggunakan game theory (teori permainan). Secara umum, teori permainan dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Penerapan di bidang bisnis salah satunya, teori permainan adalah alat untuk memprediksi keputusan suatu perusahaan untuk memenangkan persaingan bisnis, untuk menentukan strategi yang akan digunakan suatu perusahaan, untuk menentukan koalisi/kerjasama dengan perusahaan lain, dan sebagainya. Keputusan yang dibuat oleh perusahaan sangat menentukan keuntungan atau kerugian yang akan didapatkan. Dalam hal ini sangat diperlukan antisipasi kemungkinan-kemungkinan strategi yang akan diterapkan oleh pemasaran pesaing Kata kunci: persaingan usaha, transportasi online, strategi, game theory
  • Program Studi : Matematika