IMPLEMENTASI METODE IMAGE TRACKING PADA APLIKASI PENGENALAN ALAT PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS ANDROID MOBILE

  • Kode Repository : SKI25/FAH/23
  • NPM : 065116230
  • Nama : Fahmi Fadlurohman
  • Pembimbing 1 : -Arie Qur'ania, M.Kom.
  • Pembimbing 2 : -Irma Anggraeni, S.T., M.Kom.
  • Abstrak : Abstrak Permainan tradisional nusantara adalah permainan yang dimainkan atau diperankan oleh anak – anak zaman dulu. Kebanyakan permainan ini dilakukan dengan cara bekelompok. Permainan tradisional nusantara sebenarnya sangat bagus untuk melatih fisik dan mental khususnya anak. Secara tidak langsung anak – anak akan dirangsang untuk melatih kreatifitas, ketangkasan, jiwa kepimpinan, kecerdasaan dan keluasan wawasannya melalui permainan tradisional. Metode Penelitian yang diterapkan dalam media informasi pengenalan alat permainan tradisional ini menggunakan tahapan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) mengembangkan sebuah media informasi yang lebih menarik dan efisien menggunakan Augmented Reality dengan memanfaatkan fitur kamera Smartphone Android/iOS. dimana metode ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Media pengenalan alat permainan tradisional yang dibangun adalah media informasi berbasis Augmented Reality pada platform android dalam bentuk 3D. Berdasarkan hasil dari pengujian yang telah dilakukan, fitur dalam media informasi pengenalan alat permainan tradisional dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Media informasi ini diperuntukan untuk membantu masyarakat umum mengetahui alat permainan tradisional terutama bagi anak-anak. Pemanfaatan augmented reality sudah sesuai dengan perancangan dan berhasil membuat 5 augmented reality dari alat-alat permainan tradisional yaitu: bola bekel, yoyo tradisional, gasing tradisional, congklak kayu dan egrang serta menampilkan informasi masing-masing alat permainan tersebut. Pemanfaatan augmented reality pada media informasi pengenalan alat-alat permainan tradisional dapat meningkatkan minat dan pemahaman kepada masyarakat khususnya anak-anak penerus bangsa. Kata Kunci: Android, Augmented Reality, Blender, MDLC, Unity, Vuforia.
  • Program Studi : Ilmu Komputer