IMPLEMENTASI METODE IMAGE TRACKING PADA APLIKASI PENGENALAN ALAT PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS ANDROID MOBILE
Kode Repository :SKI25/FAH/23
NPM :065116230
Nama :Fahmi Fadlurohman
Pembimbing 1 :-Arie Qur'ania, M.Kom.
Pembimbing 2 :-Irma Anggraeni, S.T., M.Kom.
Abstrak :Abstrak
Permainan tradisional nusantara adalah permainan yang dimainkan atau diperankan oleh anak – anak zaman dulu.
Kebanyakan permainan ini dilakukan dengan cara bekelompok. Permainan tradisional nusantara sebenarnya sangat bagus
untuk melatih fisik dan mental khususnya anak. Secara tidak langsung anak – anak akan dirangsang untuk melatih
kreatifitas, ketangkasan, jiwa kepimpinan, kecerdasaan dan keluasan wawasannya melalui permainan tradisional. Metode
Penelitian yang diterapkan dalam media informasi pengenalan alat permainan tradisional ini menggunakan tahapan
MDLC (Multimedia Development Life Cycle) mengembangkan sebuah media informasi yang lebih menarik dan efisien
menggunakan Augmented Reality dengan memanfaatkan fitur kamera Smartphone Android/iOS. dimana metode ini
memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Media pengenalan alat
permainan tradisional yang dibangun adalah media informasi berbasis Augmented Reality pada platform android dalam
bentuk 3D. Berdasarkan hasil dari pengujian yang telah dilakukan, fitur dalam media informasi pengenalan alat permainan
tradisional dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Media informasi ini diperuntukan untuk membantu masyarakat umum
mengetahui alat permainan tradisional terutama bagi anak-anak. Pemanfaatan augmented reality sudah sesuai dengan
perancangan dan berhasil membuat 5 augmented reality dari alat-alat permainan tradisional yaitu: bola bekel, yoyo
tradisional, gasing tradisional, congklak kayu dan egrang serta menampilkan informasi masing-masing alat permainan
tersebut. Pemanfaatan augmented reality pada media informasi pengenalan alat-alat permainan tradisional dapat
meningkatkan minat dan pemahaman kepada masyarakat khususnya anak-anak penerus bangsa.
Kata Kunci: Android, Augmented Reality, Blender, MDLC, Unity, Vuforia.