Pembuatan Game 3D Pengenalan Dinosaurus Dengan Metode Pathfinding Navigation Mesh Dan Image Tracking Augmented Reality Berbasis Android
Kode Repository :SKI28/YAY/20
NPM :065116223
Nama :Yayang Andrianto
Pembimbing 1 :-Dr. iyan Mulyana, M.Kom
Pembimbing 2 :-Mohamad Iqbal S, S.Kom, M.Kom
Abstrak :-PEMBUATAN GAME 3D PENGENALAN DINOSAURUS DENGAN METODE
PATHFINDING NAVIGATION MESH DAN IMAGE TRACKING AUGMENTED
REALITY BERBASIS ANDROID
Yayang Andrianto1), Dr. Iyan Mulyana, S.Kom., M.Kom2)
,
Mohamad Iqbal S, S.Kom., M.Kom3)
1, 2 & 3)Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan Bogor
Email : andrianyayang1@gmail.com
Abstrak
Augmented reality merupakan teknologi yang sedang banyak digunakan sebagai media
pemahaman dan pengalaman yang mendalam bagi objek terdahulu. dengan menggunakan
augmented reality kita dapat seperti melihat secara langsung objek yang ditampilan melalui
smartphone kita. Navigation mesh (NavMesh) telah menjadi metode popular yang digunakan
dalam masalah penulusuran jalan terpendek dari game 3D, karena lingkungan 3D sebagian
besar menggunakan struktur polygon. Image Tracking adalah metode pendeteksian dan
pelacakan target berdasarkan gambar. Tidak seperti marker tradisional seperti kode matrix
atau code QR, image targets tidak membutuhkan garis hitam khusus dan daerah putih atau
code untuk mengenalinya. Hasil penelitian ini penulis membuat game dengan menerapkan
navigation mesh untuk menggerakan dinosaurus dan augmented reality 3D dinosaurus
menggunakan image tracking berbasis android sebagai media yang dapat menampilkan atau
memperlihatkan bagaimana bentuk atau rupa dinosaurus seperti melihat secara langsung.
Kata Kunci : Augmented reality, Navigation mesh (NavMesh) dan Image Tracking.