Pembuatan Game 3D Pengenalan Dinosaurus Dengan Metode Pathfinding Navigation Mesh Dan Image Tracking Augmented Reality Berbasis Android

  • Kode Repository : SKI28/YAY/20
  • NPM : 065116223
  • Nama : Yayang Andrianto
  • Pembimbing 1 : -Dr. iyan Mulyana, M.Kom
  • Pembimbing 2 : -Mohamad Iqbal S, S.Kom, M.Kom
  • Abstrak : -PEMBUATAN GAME 3D PENGENALAN DINOSAURUS DENGAN METODE PATHFINDING NAVIGATION MESH DAN IMAGE TRACKING AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID Yayang Andrianto1), Dr. Iyan Mulyana, S.Kom., M.Kom2) , Mohamad Iqbal S, S.Kom., M.Kom3) 1, 2 & 3)Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan Bogor Email : andrianyayang1@gmail.com Abstrak Augmented reality merupakan teknologi yang sedang banyak digunakan sebagai media pemahaman dan pengalaman yang mendalam bagi objek terdahulu. dengan menggunakan augmented reality kita dapat seperti melihat secara langsung objek yang ditampilan melalui smartphone kita. Navigation mesh (NavMesh) telah menjadi metode popular yang digunakan dalam masalah penulusuran jalan terpendek dari game 3D, karena lingkungan 3D sebagian besar menggunakan struktur polygon. Image Tracking adalah metode pendeteksian dan pelacakan target berdasarkan gambar. Tidak seperti marker tradisional seperti kode matrix atau code QR, image targets tidak membutuhkan garis hitam khusus dan daerah putih atau code untuk mengenalinya. Hasil penelitian ini penulis membuat game dengan menerapkan navigation mesh untuk menggerakan dinosaurus dan augmented reality 3D dinosaurus menggunakan image tracking berbasis android sebagai media yang dapat menampilkan atau memperlihatkan bagaimana bentuk atau rupa dinosaurus seperti melihat secara langsung. Kata Kunci : Augmented reality, Navigation mesh (NavMesh) dan Image Tracking.
  • Program Studi : Ilmu Komputer