ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR PUBLIK TERHADAP APLIKASI E-COMMERCE DARI TWITTER DAN PLAYSTORE MENGGUNAKAN METODE LEXICON BASED DAN MACHINE LEARNING

  • Kode Repository : SKI40/SYI/23
  • NPM : 065116270
  • Nama : Syifa Hilya Hayati
  • Pembimbing 1 : -Dr. Tjut Awaliyah Z., S.Kom., M.Kom.
  • Pembimbing 2 : -Mulyati, S.Si., M.Kom.
  • Abstrak : -Abstrak E-commerce sudah ada sejak tahun 2000an dan pengguna e-commerce baru marak di tahun 2014, dibuktikan dengan banyaknya start-up di Indonesia salah satu diantaranya yaitu Bukalapak. Pada e-commerce kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama, hal ini untuk mengetahui sistem berjalan baik atau tidak dalam memenuhi harapan pelanggan. Tujuan peneliti menganalisis sentiment komentar terhadap fitur-fitur e-commerce yang sering dikeluhkan. Serta perlu memiliki pemahaman terhadap sentimen pelanggan dalam memberikan layanan terbaik, adanya media sosial menjadi platform untuk pengguna menyalurkan opini mereka terkait ecommerce tersebut. Twitter merupakan salah satu media sosial dengan jutaan pelanggan di Indonesia yang tentunya opini pelanggan dapat ditemukan dalam jumlah banyak. Dengan itu diperlukan sistem yang dapat mengklasifikasikan dan melabelkan opini-opini tersebut (Chandradinata et al, 2020). Penelitian ini menggunakan metode Lexicon Based untuk pelabelan dan Machine Learning untuk pengklasifikasian, data diambil dengan cara scrapping dari Twitter dan Playstore yang di download dalam bentuk csv. Keseluruhan proses dilakukan melalui tools Colab Notebooks. Hasil akhir pengujian nilai akurasi tertinggi pengklasifikasian Machine Learning yaitu dengan random forest yaitu 85%. Kata kunci : E-commerce Bukalapak, Twitter, Playstore, Lexicon Based, Machine Learning.
  • Program Studi : Ilmu Komputer