Implementasi Finite State Machine Dan Navigation Mesh Pada Game Edukasi 3 Dimensi Pengenalan Hewan Di Taman Safari Bogor
Kode Repository :SKI29/NUR/20
NPM :065116238
Nama :Nur Fahrina Chaerunnisa
Pembimbing 1 :-Dr. Tjut Awaliyah Z.,M.Kom
Pembimbing 2 :-Agung Prajuhana Putra,M.Kom
Abstrak :- IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE DAN NAVIGATION MESH PADA
GAME EDUKASI 3 DIMENSI PENGENALAN HEWAN DI TAMAN SAFARI
BOGOR
Nur Fahrina Chaerunnisa1)
, Tjut Awaliyah Zuraiyah2)
, Agung Prajuhana Putra3)
1, 2 & 3)Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan Bogor
Email : nurfahrina11@gmail.com
Abstrak
Game edukasi merupakan paket software yang menciptakan kemampuan untuk
memotivasi atau membantu mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan
keterampilan yang memainkannya. Metode yang dapat medukung pembuatan game adalah
Finite State Machine (FSM) merupakan metode yang dapat merancang sistem kontrol yang
menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal
berikut : State (keadaan) yaitu dimana karakter yang berperan akan menjawab pertanyaan
quiz. Event (Kejadian) yaitu jawaban benar atau salah, dan untuk action (aksi) yaitu
menambah point tersebut dan metode navigation mesh yaitu sistem cerdas dalam game
digunakan untuk pencarian jalur karakter yang tidak dapat di mainkan. Sehingga karakter
yang terdapat dalam game dapat berjalan dengan mencari jalur sendiri, menghindari
rintangan seperti pohon, batu besar, rumah, serta objek lain yang ada di depannya atau
menaiki tangga tanpa diarahkan oleh player. Hasil dari penelitian ini yaitu Game Edukasi 3
Dimensi Pengenalan Hewan Di Taman Safari Bogor yang menerapkan metode Finite State
Machine dan metode Navigation mesh sehingga terdapat alternatif pembelajaran interaktif
yang memberikan pengalaman berbeda dalam memainkan gamenya dengan menampilkan
model hewan 3D agar terlihat lebih nyata dan game ini berjalan diatas platform desktop.
Kata Kunci : Game edukasi, Finite State Machine (FSM) dan navigation mesh