Analisis Sentimen Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelayanan Maskapai Penerbangan Dengan Metode Vector Space Model
Kode Repository :SKI65/MAL/19
NPM :065114404
Nama :Malik Abdul Hamid
Pembimbing 1 :-Dr. Tjut Awaliyah Zuraiyah, M.Kom.
Pembimbing 2 :-Aries Maesya M.Kom
Abstrak :-KLASIFIKASI DATA PENGADUAN MASYARAKAT PADA LAMAN
PESDUK CIMAHI MENGGUNAKAN ROCCHIO
Khusnul Khuluqiyah*, Tacbir Hendro Pudjiantoro, Agung Wahana
Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Jenderal Achman Yani
Jalan Terusan Jenderal Sudirman PO BOX 148 Cimahi - Bandung, Telp./Fax: (022) 6656190
*Email: khuluqiyahkhusnul08@gmail.com
Abstrak
Pelayanan merupakan suatu hal yang utama dalam sebuah organisasi. Pemerintah daerah Kota Cimahi merupakan salah satu instansi pemerintah yang telah memanfaatkan teknologi telekomunikasi yaitu dengan adanya pesan singkat penduduk atau PESDUK. Teknologi ini digunakan untuk mempermudah dan mempercepat penyampaian informasi dari masyarakat kepada Pemerintahan Kota Cimahi baik itu berupa keluhan, pertanyaan, dukungan ataupun laporan. Bertambahnya jumlah data pengaduan masyarakat setiap harinya mengakibatkan banyaknya data yang belum tertanggapi atau belum dibaca. Terbatasnya pengetahuan operator tentang tugas pokok dan fungsi dari setiap dinas juga dapat menyebabkan kesalahan dalam pengklasifikasian pesan. Oleh karena itu kebutuhan pengklasifikasian pesan pengaduan secara otomatis diperlukan demi mengefesiensi waktu dan sumber daya manusia dalam pengelompokkan pesan pengaduan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan text mining serta menggunakan metode Rocchio dikombinasikan dengan fitur untuk dapat mendeteksi negasi dan pembobotan menggunakan Tf dan Tf-idf. Berdasarkan perhitungan dari data penilaian yang telah diuji, metode Rocchio mampu digunakan untuk melakukan klasifikasi pesan pengaduan masyarakat.
Kata kunci : pelayanan, pengaduan masyarakat, Rocchio, Text Mining