Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Komponen Dan Alat Instalasi Penerangan Listrik Sesuai Standar Puil/Sni (Studi Kasus : SMK Negeri 2 Bogor Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tanaga Listrik)

  • Kode Repository : SKI31/FAR/19
  • NPM : 065114233
  • Nama : Farhan Fauzan
  • Pembimbing 1 : -Dr. Sri Setyaningsih, M.Si.
  • Pembimbing 2 : -Boldson H.S., MMSI
  • Abstrak : -Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Komponen Dan Alat Instalasi Penerangan Listrik Sesuai Standar PUIL/SNI (Studi kasus: SMK Negeri 2 Bogor Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik) 1Farhan Fauzan, 2Dr. Sri Setyaningsih, M.Si., 3Boldson Herdianto, MMSI. Email: 1farhanfauzan24@gmail.com Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan ABSTRAK Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk mengimplementasikan augmented reality pada proses pembelajaran alat dan komponen instalasi penerangan listrik sesuai standar PUIL/SNI untuk siswa SMK Negeri 2 Bogor kelas X jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Dengan mengimplementasikan teknologi augmented reality di perangkat kamera smartphone dalam bentuk aplikasi media pembelajaran yang dapat di install di sistem opersai android. Siswa dapat melihat bentuk objek yang mirip dengan aslinya dalam bentuk objek 3D secara real time lewat tampilan pada smartphone dengan men-scan sebuah gambar yang sudah tersedia. Pengujian aplikasi pun dilakukan pada berbagai sistem operasi android dan spesifikasi smartphone, serta pengujian terhadap pencahayaan, jarak, sudut, ukuran marker dan bentuk marker. Dalam pengumpulan data untuk menilai aplikasi ini, disebarkan kuesioner ke 40 responden, dengan menjawab sebanyak 50 pernyataan. Dengan metode SUMI (Software Usability Measurement Inventory) untuk pengumpulan data penelitian ini, dimana metode ini memiliki kategori penilaian yaitu efficiency, affect, helpfulness, control dan learnlability untuk ke akuratan penilaian aplikasi yang dibuat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa nilai masing-masing pada kategori di metode SUMI adalah efficiency (70), affect (75), helpfulness (75), control (80), learnlability (75) dan global (74,5), angka-angka tersebut bernilai diatas rata-rata kuesioner SUMI yaitu 50, yang menunjukan bahwa aplikasi telah layak untuk digunakan oleh siswa SMK Negeri 2 Bogor kelas X jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Kata kunci: Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Augmented Reality, Usability, SUMI, Android
  • Program Studi : Ilmu Komputer