Implemtasi Augmented Reality Sebaai Media Pengenalan Wayang Kulit Indonesia

  • Kode Repository : SKI03/NUR/23
  • NPM : 065117226
  • Nama : Nur Rifan Irawan
  • Pembimbing 1 : -Arie Qur'ania M.Kom
  • Pembimbing 2 : -Irma Anggraeni, M.Kom
  • Abstrak : -IMPLEMENTASI AUGMENTEG REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN WAYANG KULIT DI INDONESIA Nur Rifan Irawan, Arie Qur’Ania, S.Kom., M.Kom. dan Irma Anggraeni,S.T., M.Kom. Program Ilmu Komputer, Universitas Pakuan Emai: rifanirawan99@gmail.com ABSTRAK Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan baik yang berkaitan dengan teknik ringging maupun Augmented Reality. Dapat disimpulkan bahwa teknik ringging akan sangat membantu proses pembuatan animasi untuk visualisasi 3D pada Marker Based Augmented Reality karena dapat lebih menghidupkan gerakan karakter yang akan dibuat sesuai dengan anatomi tubuh. Untuk itu dibuatlah penelitian mengenai “Implementasi Augmented Reality Menggunakan Marker Based dan Markerless Sebagai Media Pengenalan Wayang Kulit Di Indonesia”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi augmented reality berbasis markup dengan mengintegrasikan teknik animasi rigging untuk memvisualisasikan filosofi karakter wayang kulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu sumber informasi yang dapat membantu masyarakat untuk lebih mudah mengenal Wayang Kulit dengan menggunakan teknologi augmented reality sebagai visualisator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle, dalam metode ini terdapat 6 tahapan yaitu. H. Konsep, desain, pengumpulan material, perakitan, pengujian dan distribusi. Konsep, desain, pengumpulan material, perakitan, berkemah, dan distribusi. Media yang digunakan yaitu wayang kulit dari pandawa lima. Teknik yang digunakan Marker Based dan Markerless yang dipadukan dengan teknik animasi rigging untuk membuat tangan dalang bergerak serta gerakan yang dihasilkan dapat lebih halus, selain itu keyframe dan objek yang digunakan lebih sedikit sehingga menghemat waktu dalam proses pengerjaan video animasi 3D. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk sarana pembelajaran terhadap anak usia dini terhadap kebudayaan tradisional wayang kulit di Indonesia, dapat menjadi media alternatif pembelajaran melalui smartphone berbasis Android.
  • Program Studi : Ilmu Komputer