Pengaturan Traffic Light Dengan Metode Webster Dan Program Aplikasi
Kode Repository :SKM14/RIK/19
NPM :064115044
Nama :Rika Ruswanti
Pembimbing 1 :-Hagni Wijayanti, M.Si
Pembimbing 2 :-Drs. Amar Sumarsa, M.Pd
Abstrak :-PENGATURAN TRAFFIC LIGHT DENGAN METODE WEBSTER DAN PROGRAM APLIKASI
(Studi Kasus: Simpang PDAM Tirta Kahuripan, Kabupaten Bogor)
Rika Ruswanti1, Hagni Wijayanti2, Amar Sumarsa2
Program Studi Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Pakuan
Bogor
ABSTRAK
Sistem pengaturan lampu lalu lintas yang digunakan Simpang PDAM Tirta Kahuripan, Kabupaten Bogor masih menggunakan fixed time yaitu sistem pengaturan traffic light dengan menggunakan aturan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Durasi trafiic light hasil pengaturan fixed time tidak dapat menyesuaikan dengan volume kendaraan sehingga tundaan yang dihasilkan berpotensi lama, terutama jika proporsi jumlah kendaraan tidak sesuai dengan durasi yang diberikan sehingga masih menimbulkan kemacetan. Metode Webster dapat digunakan untuk masalah tersebut. Metode webster merupakan metode dengan menggunakan konsep minimisasi waktu tunda dalam bentuk persamaan waktu siklus optimum untuk menghitung waktu nyala lampu lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu siklus optimum dan waktu nyala lampu lalu lintas, menentukan tipe kondisi lalu lintas, dan membuat program aplikasinya dengan menggunakan software Borland C++. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh waktu siklus optimum sebesar 153 detik dengan waktu nyala lampu hijau pada fase 1 selama 46 detik, fase 2 selama 40 detik, fase 3 selama 27 detik, dan fase 4 selama 23 detik. Sedangkan untuk waktu nyala lampu merah diperoleh pada fase 1 selama 104 detik, fase 2 selama 110 detik, fase 3 selama 123 detik, dan fase 4 selama 127 detik dan untuk tipe kondisi lalu lintas yaitu sangat padat untuk fase 1, padat untuk fase 2, sangat padat untuk fase 3, dan sangat padat untuk fase 4. Hasil dari program aplikasi yang telah dibuat diperoleh hasil yang sama dengan proses perhitungan sehingga dapat digunakan untuk studi kasus lain pada suatu simpang dengan jumlah fase, kendaraan dan lebar jalan yang berbeda.
Kata Kunci : Traffic Light, Metode Webster, Waktu Siklus Optimum, Program Aplikasi.