Analisis sentimen terhadap jasa transportasi biskita dikota bogor menggunakan lexicon based dan support vector machine

  • Kode Repository : SKI145/GAL/22
  • NPM : 065118254
  • Nama : Galih Fadillah Wiguna
  • Pembimbing 1 : -Lita Karlitasari, S.Kom., MMSI
  • Pembimbing 2 : -Dini Suhartini, S.Kom.,MMSI.,
  • Abstrak : -Analisis Sentimen Terhadap Jasa Transportasi Biskita Di Kota Bogor Menggunakan Lexicon Based Dan Support Vector Machine Galih Fadillah Wiguna1, Lita Karlitasari2, Dini Suhartini 3 Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor. Email : galihfw23@gmail.com ABSTRAK Opini dari masyarakat yang dituangkan ke dalam media sosial Twitter dan juga ulasan aplikasi di Playstore menjadi menarik untuk diketahui sentimennya yang dapat berguna untuk langkah kedepan yang dapat dilakukan penyelenggara jasa transportasi biskita. Data dari opini sangat berperan sebagai umpan balik layanan tanpa perlu memperoleh opini secara langsung dari masyarakat guna analisis sentimen sebuah produk atau layanan. Penelitian ini menggunakan teknik pelabelan menggunakan Lexicon Based dan teknil klasifikasi menggunakan Support Vector Machine dengan kernel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sentiment publik terhadap jasa transportasi biskita di Kota Bogor dan mengetahui topik pembahasan dari ulasan masyarakat dengan menggunakan teknik modelling Latent Dirichlet Allocation. Berdasarkan hasil penelitian untuk kernel linear mendapatkan akurasi yang cukup tinggi sebesar 88%, kernel RBF mendapatkan akurasi sebesar 83%, kernel Polynomial mendaparkan akurasi sebesar 70% dan kernel SVC mendapatkan akurasi sebesar 83%. Hasil analisis juga mendapatkan analisis sentiment komentar positif jauh lebih tinggi daripada komentar negatif maupun netral yang berarti kebijakan biskita ini bermanfaat baik bagi masyarakat. Kata Kunci : Analisis Sentimen1 ; Lexicon Based2 ; Support Vector Machine3
  • Program Studi : Ilmu Komputer