Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Pendaftaran Haji Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality Dan Importance Perfomance Analysis

  • Kode Repository : SKF226/ADI/20
  • NPM : 065116087
  • Nama : Aditya Rivaldi
  • Pembimbing 1 : -Dr.Herfina,S Kom, M.Pd, M.Kom.
  • Pembimbing 2 : -Mulyati, M.Kom.
  • Abstrak : -ANALISIS TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS Aditya Rivaldi1), Herfina2) , Mulyati3) Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia Email : adityarivaldi61@gmail.com Abstrak Pelayanan merupakan aktifitas yang berisifat interaksi antar konsumen dengan karyawan yang melibatkan usaha manusia untuk memberikan suatu kepuasan dan kenyamanan terhadap pendaftar haji. Penelitian ini melakukan Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Pendaftaran Haji Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality(Servqual) dan Importance Performance Analysis(IPA). Adapun tujuan dari peneltian ini yaitu menganalisis tingkat kepuasan terhadap pelayanan pendaftaran haji menggunakan metode fuzzy servqual dan IPA. Objek penelitian ini adalah pendaftar haji di Kementrian Agama Kab. Bogor. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk kuisioner. Teknik dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner sebanyak 100 kuisioner. Item pernyataan yang digunakan mengacu pada dimensi kualitas jasa menurut Parasuraman et.al (dalam Tjiptono,2007) yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dan analisis yang digunakan yaitu service quality(servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil yang diperoleh dari pengolahan data menghasilkan bahwa pendaftar haji merasa kurang puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kementrian Agama Kab. Bogor dengan ditunjukannya nilai skor servqual negatif. Berdasarkan hasil IPA, terdapat 9 atribut yang berada dalam kuadran B dan kuadran C , 3 atribut yang berada dalam kuadran D dan tidak ada satupun yang berada pada kuadran A. Oleh sebab itu, perbaikan kualitas pelayanan perlu dilakukan oleh pihak Kementrian Agama Kab. Bogor karena mendapatkan nilai negatif pada metode servqual dan terdapat 9 atribut yang berada pada kuadran C. Kata kunci: Servqual, Importance Performance Analysis, Kepuasan, Pelayanan Pendaftaran Haji, Tingkat Kepuasan
  • Program Studi : Ilmu Komputer