PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME PLATFORMER RUNNING MAN BERBASIS DESKTOP
Kode Repository :SKI27/FRE/23
NPM :065116189
Nama :FREDY PRIMA SANTIKA
Pembimbing 1 :Dr. Herfina, S.Kom., M.Pd., M.Kom.
Pembimbing 2 :Boldson H. Situmorang, S.Kom., MMSI
Abstrak :-1, 2 ,3)Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Pakuan, Bogor, Indonesia
Jalan Pakuan Po.Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia
Corresponding Author : fredy.prima1971@gmail.com
Abstrak
Saat ini Indonesia sedang mengalami wabah pandemic COVID-19, bahkan wabah ini terjadi
diseluruh dunia. Agar tidak jenuh saat dirumah saja diperlukannya sarana hiburan, salah satunya melalui
media game. Game berjudul Running Man merupakan game platformer bergenre rintangan berbasis desktop
dan menggunakan grafis 3 dimensi, permainan ini menunjukan dimana protagonis atau karakter utamanya
melewati rintangan-rintangan serta menghindari virus atau NPC. Metode yang mendukung pembuatan game
adalah Finite State Machine (FSM) merupakan sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang
menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State(Keadaan),
Event(kejadian) dan action(aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM
telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Hasil dari penelitian ini yaitu metode
finite state machine memungkinkan NPC (non playable character) mempunyai kemampuan untuk mengejar
karakter utama jika karakter utama memasuki area pandangan NPC. Dalam aplikasi ini metode finite state
machine di implementasikan pada model virus agar model virus dapat mengejar player sehingga game
menjadi lebih menarik untuk dimainkan.
Kata Kunci: Game; Finite State Machine; Covid 19; Platformer; Desktop;