PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME PLATFORMER RUNNING MAN BERBASIS DESKTOP

  • Kode Repository : SKI27/FRE/23
  • NPM : 065116189
  • Nama : FREDY PRIMA SANTIKA
  • Pembimbing 1 : Dr. Herfina, S.Kom., M.Pd., M.Kom.
  • Pembimbing 2 : Boldson H. Situmorang, S.Kom., MMSI
  • Abstrak : -1, 2 ,3)Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia Jalan Pakuan Po.Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia Corresponding Author : fredy.prima1971@gmail.com Abstrak Saat ini Indonesia sedang mengalami wabah pandemic COVID-19, bahkan wabah ini terjadi diseluruh dunia. Agar tidak jenuh saat dirumah saja diperlukannya sarana hiburan, salah satunya melalui media game. Game berjudul Running Man merupakan game platformer bergenre rintangan berbasis desktop dan menggunakan grafis 3 dimensi, permainan ini menunjukan dimana protagonis atau karakter utamanya melewati rintangan-rintangan serta menghindari virus atau NPC. Metode yang mendukung pembuatan game adalah Finite State Machine (FSM) merupakan sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State(Keadaan), Event(kejadian) dan action(aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Hasil dari penelitian ini yaitu metode finite state machine memungkinkan NPC (non playable character) mempunyai kemampuan untuk mengejar karakter utama jika karakter utama memasuki area pandangan NPC. Dalam aplikasi ini metode finite state machine di implementasikan pada model virus agar model virus dapat mengejar player sehingga game menjadi lebih menarik untuk dimainkan. Kata Kunci: Game; Finite State Machine; Covid 19; Platformer; Desktop;
  • Program Studi : Ilmu Komputer