Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kefarmasian Di Instansi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Setukpa Sukabumi Tahun 2022
Kode Repository :SKF16/ANG/23
NPM :066118133
Nama :Anggie Mochamad Tri Utama Putra
Pembimbing 1 :-Apt. Nisa Najwa Rokhmah, M.Farm
Pembimbing 2 :-apt. Oktaviana Zannita., M.Farm
Abstrak :-EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SETUKPA SUKABUMI TAHUN 2022
Anggie Mochamad1, Nisa Najwa Rokhmah 2), Oktaviana Zunnita3)
1,2,3)Prodi Farmasi FMIPA Universitas Pakuan, Bogor
Email : anggiemochamad26@gmail.com
ABSTRAK
Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan Sediaan Farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kepuasan pasien merupakan penilaian dari seseorang antara kinerja pelayanan yang dirasakan dan diharapkan. Apabila kinerja di bawah harapa maka pasien akan kecewa dan tidak puas. Tujuan penelitian ini yaitu mengevaluasi pelayanan Farmasi , tingkat kepuasan pasien, mengetahui hubungan antara karakteristik responden, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan, usia) terhadap tingkat kepuasan pasien dan mengetahui hubungan antara pelayanan Farmasi dengan kepuasaan pasien. Analisa data menggunakan metode prospektif cross sectional, data dikumpulkan dengan cara melakukan penilaian terhadap pelayanan kefarmasian dan teknik accidental sampling didasarkan pada pengambilan sampel yang kebetulan ada pada saat sedang melakukan penelitian.
Hasil peineilitian meinunjukan peilayanan Farmasi meimiliki nilai rata rata yaitu 88,80% (sangat baik), seimeintara 5 dimeinsi keipuasaan pasiein meimiliki nilai rata rata yaitu 68,16% (puas), seimeintara hubungan tingkat keipuasaan pasiein beirdasarkan karakteiristik pasiein jeinis keilamin dan usia tidak meimiliki hubungan kareina p-value leibih dari 0,05, dan untuk peindidikan teirakhir dan peikeirjaan meimiliki hubungan kareina p-value kurang dari 0,05, seimeintara hubungan antara peilayanan keifarmasiian teirhadap 5 dimeinsi tingkat keipuasaan pasiein(Reliabillty, Responsivenes, Assurance ,Emphaty, Tangibles) seimua 5 dimeinsi meimiliki hubungan kareina p-value kurang dari 0,05.
Kata kunci : Pelayanan Kefarmasiian, Kepuasaan Pasien, Reliabillty, Responsivenes, Assurance ,Emphaty, Tangibles