Rancangan Dan Implementasi Sistem Pengenalan Satwa Di Pulau Indonesia Berbasis Multimedia

  • Kode Repository : SKI /TIA/ 22
  • NPM : 065110195
  • Nama : Tiara Kharisma Putri
  • Pembimbing 1 : -Dr. Sri Setyaningsih,Dra.,M.Si.
  • Pembimbing 2 : -Lita Karlitasari S.Kom., MMSI
  • Abstrak : -RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENALAN SATWA DI PULAU INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA Tiara Kharisma Putri1), Sri Setyaningsih2), Lita Karlitasari3) 1,2&3)Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan 1)tiarakharismaputri@gmail.com, 2)sri_setya@unpak.ac.id, 3)lita.karlitasari@unpak.ac.id ABSTRAK Seorang peneliti asal Inggris benama Alfred Russel Wallace meneliti tentang penyebaran jenis hewan di Indonesia dan kemudian membagi zona fauna Indonesia menjadi 3 bagian yaitu Indonesia Bagian Barat, Fauna Peralihan dan Indonesia Bagian Timur. Indonesia Barat: Fauna Indonesia barat meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali. Beberapa fauna khas Indonesia bagian barat diantaranya: harimau sumatera, badak bercula satu, orang utan, bekantan, dan banteng jawa. Indonesia Tengah (Peralihan): Fauna Indonesia tengah merupakan fauna yang tidak terdapat di Indonesia bagian barat dan timur sehingga disebut peralihan. Fauna di wilayah peralihan meliputi Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Fauna yang terdapat di wilayah ini diantaranya komodo, tapir, anoa dan burung maleo. Indonesia Timur: Fauna Indonesia bagian timur hampir mirip dengan fauna di Australia dikarenakan Irian dan Australia dahulu merupakan satu daratan. Fauna di wilayah ini diantaranya cenderawasih, merak, wallaby dan kasuari. Seiring pesatnya kemajuan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi yang saat ini memiliki peranan yang sangat penting disegala bidang dan aspek kehidupan. Hal ini disebabkan karena pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi dapat terpenuhi dengan adanya peran serta teknologi informasi. Diperlukannya aplikasi pengenalan satwa khas di Indonesia berbasis multimedia agar anak-anak generasi sekarang tidak hanya dapat mempelajari dan mengetahui lebih lengkap sebagaimana tentang satwa-satwa yang khas di Pulau Indonesia. Pada aplikasi sistem pengenalan satwa ini terdapat: halaman pembukaan, halaman menu utama, halaman materi, halaman games, halaman profil, halaman keluar, dan halaman penutup. Aplikasi ini dibuat dengan metode tahap pengembangan multimedia Luther dengan menggunakan software Macromedia Flash. Kata kunci: Teknologi informasi, Aplikasi, Satwa, Pulau Indonesia
  • Program Studi : Ilmu Komputer