Analisis Sentimen Pada Media Belajar Online Menggunakan Support Vector machine (SVM) BerdasarkanOpini Publik

  • Kode Repository : SKI02/CHA/2021
  • NPM : 065116069
  • Nama : Chandranova gusti Pangestu
  • Pembimbing 1 : -Dr. Herfina, M.Kom., M.Pd
  • Pembimbing 2 : -Arie Qur'ania., M.Kom.
  • Abstrak : -ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA BELAJAR ONLINE MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) BERDASARKAN OPINI PUBLIK Chandranova Gusti Pangestu1, Herfina2, Arie Qur’ania3 1,2,3 Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan, Jln. Pakuan Po.Box 452 Bogor 16143, Indonesia E-mail: 1chandranova034@gmail.com,2 herfina@unpak.ac.id, 3qurania@unpak.ac.id Abstrak Perkembangan teknologi pada saat ini sangat berkembang pesat, tak terkecuali alat bantu belajar berbasis online. Media belajar online merupakan sebuah media belajar yang paling sering diminati saat ini karena mudah diakses dan bisa digunakan dimana saja, dimana smartphone sendiri sudah banyak dimiliki oleh kalangan orang dewasa maupun anak-anak. Keberadaan media belajar online menjadi semakin pesat perkembangannya, dengan banyak fitur yang sangat membantu proses belajar, media belajar online menarik para penggunanya untuk terus menggunakan aplikasi tersebut. RuangGuru dan Zenius adalah salah satu contoh dari beberapa media belajar online yang saat ini paling banyak diminati. Dari contoh aplikasi media belajar online terebut kesamaan dari segi media belajarnya yaitu menggunakan video. Maka dari itu banyak orang membanding-bandingkan aplikasi tersebut dan menjadi perdebatan bagi para pecinta masing-masing aplikasi tersebut. Dampak dari masalah ini, pada aplikasi Google Play sebagai salah satu tempat penyedia dari masing-masing aplikasi, orang-orang yang menggunakan aplikasi tersebut menuangkan opininya terhadap aplikasi yang mereka gunakan. Opini-opini tersebut dapat diolah menjadi suatu informasi dengan cara yaitu analisis sentimen. Dengan adanya hal tersebut peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian terhadap opini atau sentimen para pengguna media belajar online menggunakan support vector machine (SVM) untuk mencari tahu informasi dari pendapat para pengguna dari masing-masing aplikasi apakah termasuk dalam sentiment negatif atau positif. Setelah itu hasil dari penelitian ini dapat membantu masyarakat dalam memilih aplikasi media belajar online mana yang lebih baik untuk digunakan. Kata kunci— media belajar online, support vector machine, ruangguru, zenius, opini public, analisis sentimen
  • Program Studi : Ilmu Komputer