Rancangan Bangun Media Interaktif Pengenalan Majas Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia

  • Kode Repository : SKI42/SET/19
  • NPM : 065112035
  • Nama : Setiawan Ardiansyah
  • Pembimbing 1 : -Prihastuti Harsani, Msi.
  • Pembimbing 2 : -Arie Qur'ania., M.Kom.
  • Abstrak : -RANCANG BANGUN MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN MAJAS DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA Setiawan Ardiansyah, Prihastuti Harsani, Arie Qur’ania Email : setiawanardiansyah91@gmail.com Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan ABSTRAK Selama ini bentuk metode pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar masih konvensional, yaitu guru mencatatkan materi di papan tulis dan memberikan ceramah. Hal ini menyebabkan siswa kurang efisien dalam memahami materi pelajaran bahasa Indonesia yang disampaikan karena kurangnya visualisasi dalam pelajaran bahasa Inodesia. Sehingga diperlukan media pembelajaran bahasa Indonesia untuk mendampingi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu media pembelajaran interaktif pengenalan majas dalam pelajaran bahasa Indonesia berbasis multimedia untuk Sekolah Dasar kelas 4-6. Metode yang tepat dalam perancangan aplikasi multimedia pengenalan majas yakni metode pengembangan multimedia yang diterapkan dalam suaru aplikasi yang terdiri dari 6 tahap, yakni: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Aplication. Media pembelajaran bahasa Indonesia untuk kelas 4-6 SD ini dibangun dengan Adobe Flash CS6 Professional dan beberapa software pendukung seperti Adobe Photoshop CS6 dan Corel DRAW X7. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Aplikasi media pembelajaran bhasa Indonesia untuk kelas 4-6 SD yang dibuat dapat digunakan sebagai media oleh guru dan siswa dalam memberikan dan menerima materi pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga dapat mempermudah siswa dalam pemahaman materi serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan sebagai alat untuk pembelajaran matematika kelas 4-6 SD.
  • Program Studi : Ilmu Komputer