Penerapan Finite State Machine Pada Game Adventure Untuk Edukasi Pengenalan Alat Musik Campursari
Kode Repository :SKI225/KIK/20
NPM :065116091
Nama :Kiki Candra Darmawan
Pembimbing 1 :-Dr. Prasetyorini, M.S.
Pembimbing 2 :-Erniyati, S.Kom., M.Kom
Abstrak :-PENERAPAN FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE UNTUK EDUKASI PENGENALAN MUSIK CAMPURSARI
Kiki Candra Darmawan1, Sri Setyaningsih2, Erniyati3
1,2,3 Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan, Jln. Pakuan Po.Box 452 Bogor 16143, Indonesia
E-mail: 1kikicandrad34@gmail.com,2sri_setya@unpak.ac.id, 3 neni_erniyati @unpak.ac.id
Abstrak
Finite State Machine adalah sebuah metodologi perancangan system kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut : State (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi). Pada penelitian ini dibuat game berjudul “ Penerapan Finite State Machine Pada Game Adventure Untuk Edukasi Pengenalan Musik Campursari”. Sebuah game ber genre petualangan untuk edukasi mengenalkan alat musik campursari. Menggunakan metode FSM (Finite State Machine) yang diterapkan kedalam otak lawan pemain, NPC (non playable character) campursari, gem dan kunci yang bertujuan untuk mendukung game tersebut dengan menerapkan kecerdasan buatan didalamnya.Game ini merupakan sebuah game berbasis android dengan grafis 2 dimensi, Pengembangan game menggunakan tools Construct 2 dan Bahasa pemograman HTML5. Hasil dari penelitian ini diharapkan membantu pembelajaran untuk pengenalan alat musik campursari dikalangan masyarakat dengan menggunakan metode finite state machine yang diterapkan kepada NPC (non playable character) untuk mengetahui informasi apa saja mengenai alat musik campursari
Kata kunci—Game Edukasi, Finite State Machine, Construct 2.